Sunday, July 1, 2012

Inilah Asal Muasal Jolly Roger (Bendera Bajak Laut)

Asal Muasal Jolly Roger
Jolly Roger, bendera yang dikibarkan kapal-kapal bajak laut untuk menebar teror saat mereka mendekati kapal korban, dikenal dari film-film bajak laut. Walau mendapat tempat dalam dongeng dan sejarah, asal-usul bendera itu tidak diketahui.

Catatan tertua tentang bendera bergambar tengkorak dengan tulang bersilang ditemukan dalam buku catatan kapal akhir 1600-an. Ada beberapa kemungkinan asal nama Jolly Roger. Bendera bajak laut aslinya merah, sinyal yang lazim digunakan padapertempuran laut abad ke-17 tanda lawan tak akan diberi ampun.

Salah satu kemungkinan, kata Prancis “Joli Rouge,” yang artinya “merah cantik,” diterjemahkan secara salah sebagai “Jolly Roger” dalam bahasa Inggris. Kata “Jolly Roger” pertama kali muncul dalam barang cetakan pada Sejarah Umum Bajak Laut(1724), oleh pengarang Inggris Charles Johnson.

Buku itu menyebutkan nama tersebut sebagai julukan generik untuk bendera hitam bajak laut. Bendera hitam artinya secara universal adalah karantina atau wabah penyakit, dan oleh bajak laut masa lalu dihiasi gambar tengkorak dan tulang bersilang, simbol universal untuk kematian.

Banyak bajak laut menaruh simbol sendiri pada bendera mereka, yang punya arti beragam. Bajak laut paling terkenal, “Blackbeard,” punya salah satu Jolly Roger yang lebih kreatif.


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More