Friday, June 1, 2012

13 Istilah Khas Di Dunia K-Pop

13 Istilah Khas Di Dunia K-Pop
Bila kembali ke masa tiga atau lima tahun lalu,genre musik ini mungkinbelum akrab
di telinga para penikmat musik di seluruh dunia.

Istilah Khas di Dunia K-Pop Para penggemar musik K-Pop memiliki dunia dan bahasanya sendiri. Tentu saja masih bermuara pada bahasa Korea. Nah, berikut beberapa istilah yang perlu dicermati untuk mengenal lebih dalam K-Pop.

1. Aigoo
Ekspresi untuk menunjukkan frustrasi atau kelelahan, semacam "aduh" kalau di Indonesia.

2. Chingu
Memiliki arti teman. Digunakan untuk menyapa pencinta K-Pop lainnya.

3. Daebak
Artinya "kemenangan besar", "sukses besar", atau sesuatu yang menakjubkan.

4. -dol
Versi singkat dari kata “idol” dikombinasikan dengan kata-kata lain untuk mendeskripsikan sebuah grup atau seseorang. Contoh : “beastly-dols,” “model-dols,” “fairy-dols.

5. Kkab
Berasal dari frase kkab chi neun yang berarti kalian sangat energik sampai- sampai menjengkelkan, dalam artian terlalu over.

6. Me2day
Jaringan sosial yang dibuat di Korea.

7. Omona
Suatu ekspresi, semacam versi Korea untuk “Oh my God!”

8. Bias
Grup idola atau penyanyi atau salah satu member dari grup idola yang menjadi favorit di antara yang lain. Seorang penggemar K-Pop bisa jadi punya banyak bias dan satu ultimate bias (bias utama). Istilah ini berasal dari bahasa Inggris yang berarti “cenderung” atau “berat sebelah” karena seorang penggemar tentu saja lebih memfavoritkan bias-nya daripada artis-artis lain.

9. Big 3
Nama untuk tiga label entertainment utama di dunia K-Pop, yaitu SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Mereka sangat dominan di dunia K-Pop dan memiliki pendapatan mayoritas yang besar. Dengan perkembangan mereka saat ini dalam industri, Cube Entertainment sering ditambahkan, yang membuat istilah baru menjadi “Big 4

10. Comeback Stage
Performance pertama di sebuah program musik untuk promosi lagu title atau single. Tidak ada waktu tunggu minimum untuk melanjutkan promosi lagu title sebelumnya. Seorang artis biasanya memiliki sebuah performance comeback spesial di tiap acara musik. Dalam panggung itu, mereka biasanya diizinkan untuk menampilkan sebuah lagu kedua.

11. Hook Song
Frase lirik atau musikal yang menonjol dan mudah diingat. istilah ini umum digunakan untuk musik populer. Karena keseringannya digunakan dalam musik populer, orang-orang banyak mengeluh bahwa musik pop itu terlalu berulang-ulang.

12. Dongsaeng
Berarti “saudara yang lebih muda”, bisa merujuk pada saudara kandung atau teman dekat yang kalian perlakukan seperti saudara yang lebih muda. Kata ini bisa digunakan untuk semua gender.

13. Gwiyeopta
Berarti cute, digunakan untuk menyatakan ekspresi gemas atau kagum atas sesuatu yang imut /lucu. Bisa juga dikatakan “gwiyeowo”.


3 comments:

Halo Pecinta K-Pop :)

Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi musik menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Hi Chingu.. Infonya berguna bgt..
Aku mau share juga nih tempat nonton K-Drama yang oke..
www.nontonyuks.com
Gomawo..

era kpop jaman dulu bikin kangen :(

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More