Monday, July 9, 2012

Tori, Orangutan Perokok Dari Solo

Tori, Orangutan Perokok Dari SoloOrangutan koleksi Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) yang bernama Tori, sebaiknya dikarantina. Mengingat kebiasaan buruknya hobi merokok, dapat mengancam kesehatan orangutan betina itu.

Menurut Koordinator Ek-Situ Specialis Centre for Orangutan Protection (COP), Dani Hendarto, sebenarnya pihaknya mengetahui sudah sejak lama. Namun baru kesampaian menelaah lebih lanjut hobi buruk satwa kebanggaan kebun binatang (Bonbin) terbesar di Soloraya saat berlangsungnya konservasi dalam beberapa hari ini. Seperti pengambilan sempel darah dan pembuatan sarana hiburan bagi orangutan di kandangnya tersebut.

Dikatakan, dari hasil sampel darah yang hasilnya akan diketahui paling cepat seminggu ke depan, pihaknya bakal menge-mukakan kesehatan orangutan koleksi TSTJ. Tidak hanya Tori yang selama ini gemar merokok, namun orangutan lain yang terbilang bebas dari rokok yakni Didi, Dani dan Yeti. Apalagi pemeriksaan kesehatan melalui sempel darah, menurutnya baru yang pertama kali untuk ke empat satwa asli Indonesia itu.

Dokter hewan TSTJ, drh. Nuraini mengatakan, aksi tori merokok akibat pengunjung yang tidak bertanggung jawab. Pihaknya pun selalu miminta penjaga satwa atau keeper segera mematikan rokok jika Tori ketahuan merokok.


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More