Sunday, March 11, 2012

Dust Devil, Angin Puting Beliung Planet Mars

Dust Devil, Angin Puting Beliung Planet Mars


Angin puting beliung terjadi juga di Mars. Angin itu berputar di udara sekaligus membawa debu-debu tanah Mars, sehingga disebut dust devil.

Baru-baru ini dust devil terlihat tengah melintas di permukaan planet merah itu, tepatnya di utara, yang diabadikan oleh Mars Reconnaissance Orbiter. Dust devil pertama kali terlihat di Mars oleh robot perekam jejak NASA pada 1997.

Tidak seperti tornado, dust devil biasanya terbentuk di hari yang cerah ketika permukaan Mars menerima panas yang berlimpah dari Matahari. Bila kondisinya cocok, udara panas pada permukaan Mars mulai berputar ke atas menuju lapisan udara yang lebih dingin.

Angin puting beliung yang tampak pada gambar mirip asap putih memanjang, seperti ular putih. Jejak pusaran angin yang terjadi sebelumnya juga terlihat pada foto angin puting beliung terbaru itu. Bahkan bayangan dust devil sangat jelas terlihat.

Seperti yang terjadi di Bumi, angin di Mars didukung oleh kekuatan panas Matahari. Meski saat ini terletak di dekat aphelion (posisi terjauh dari Matahari), planet merah itu mendapat tenaga surya yang cukup untuk mendorong dust devil melintasi permukaan Mars.

Sejak tiba di Mars pada 2006, Orbiter Mars Reconnaissance telah memeriksa dengan enam alat uji. Wahanaantariksa itu kemudian mengembangkan penelitian ke lingkungan planet dan menyelidiki proses terjadinya angin sejenis, tabrakan meteor, dan musim dingin yang memengaruhi permukaan Mars saat ini.

Sejak diluncurkan, Mars Reconnaissance Orbitter sudah cukup banyak mengirimkan data ke Bumi ketimbang misi penjelajahan planet lainnya. Misi NASA yang menghabiskan biaya US$720 (Rp650 miliar) itu merupakan wahana termuda yang melakukan penjelajahan di Mars.


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More