Friday, December 30, 2011

Inilah Kumpulan Momen Penting Olahraga Sepanjang 2011

Tahun 2011 menjadi masa kelabu bagi dunia balap internasional. Robert Kubica hampir meregang nyawa, sedangkan Marco Simoncelli harus mengembuskan napas terakhirnya di Malaysia. Tahun kelabu juga layak dialamatkan pada dunia bulu tangkis Indonesia yang hanya merengkuh dua gelar Super Series.

Untunglah, Indonesia masih bisa menancapkan kukunya di pentas olahraga Asia Tenggara dengan memenangi SEA Games XXVI. Petinju Indonesia Chris John juga sukses dua kali mempertahankan sabuk gelar juara dunia super kelas bulu versi WBA.

Inilah Kumpulan Momen Penting Olahraga Sepanjang 2011


Berikut beberapa momen olahraga pada 2011 :

15 JANUARI:

Satria Muda Britama harus tersingkir lebih cepat di ASEAN Basket-ball League (ABL) setelah ditekuk Philippines Patriots 74-77.

30 JANUARI:

Novak Djokovic memulai dominasi sepanjang 2011 dengan menjuarai Australia Terbuka. Di luar dugaan, petenis asal Serbia itu tak harus bersusah payah menundukkan Andy Murray dari Inggris Raya pada duel final, 6-4, 6-2, dan 6-3.

6 FEBRUARI:

Robert Kubica mengalami kecelakaan parah ketika melakukan reli di Andorra. Kubica harus absen pada Formula 1 tahun ini dan posisinya digantikan oleh Nick Heidfeld.

13 MARET:

Penyelenggaraan GP Bahrain dibatalkan menyusul terjadi demonstrasi besar-besaran di Abu Dhabi. Musim baru Formula 1 pun dimulai di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, 27 Maret. Copas dari busetgan.blogspot.com

14 MARET:

Satria Muda Britama menjuarai edisi pertama National Basketball League (NBL) setelah mengalahkan Nuvo CLS Knight Surabaya, 67-50, pada duel final. Ini merupakan gelar keenam SM Britama pada kompetisi basket profesional Indonesia.

17 APRIL:

Juara Super Champions kelas bulu versi WBA, Chris John, berhasil mempertahankan gelar untuk ke-14 kali setelah mengalahkan petinju asal Indonesia lainnya, Daud Yordan. Chris kembali mempertahankan gelar dengan menaklukkan Stanyslav Merdov, 30 November.

19 APRIL:

Muhammad Rahman menjadi juara dunia kelas terbang mini versi WBA setelah menang TKO di ronde kesembilan atas petinju Thailand, Kwanthai Sithmorseng, di Bangkok. Tapi, sabuk juara itu hanya bertahan tiga bulan.
Rahman gagal mempertahankan gelar setelah kalah angka dari penantangnya asal Thailand, Pornsawan Porpramuk, 30 Juli.

1 MEI:

Indonesia merengkuh titel Super Series per tama melalui Tantowi Ahmad/Lilyana Natsir. Ganda campuran ini meraih gelar Super Series lain di Singapura. Tapi, Indonesia gagal meraih gelar di turnamen bergengsi lainnya.

7 MEI:

Manny Pacquiao dengan mudah mengalahkan Shane Mosley untuk mempertahankan sabuk juara dunia kelas welter versi WBA. Pacquiao kembali mempertahankan gelarnya setelah menundukkan Juan Manuel Marquez, 12 November.

28 MEI:

Tim bulu tangkis Indonesia menyerah dari Denmark, 3-1, pada semifinal Piala Sudirman di Qingdao, Cina. Indonesia pun gagal merengkuh Piala Sudirman. Di final, Denmark kalah dari Cina.

13 JUNI:

Dallas Mavericks merengkuh gelar NBA pertamanya. Dimotori Dirk Nowitzki, Mavs mengalahkan Miami Heat di final.

14 Juni:

Petenis putri Cina, Li Na, menjadi orang Asia pertama yang merengkuh gelar Grand Slam. Li Na mengalahkan juara bertahan, Francesca Schiavone, pada duel final Prancis Terbuka.

25 JUNI:

Pembalap Yamaha
asal Amerika Serikat, Ben Spies, meraih kemenangan perdana di ajang MotoGP. Spies mengalahkan Casey Stoner dan Andrea Dovizioso ketika finis terdepan di Sirkuit Assen, Belanda.

1 JULI:

NBA memasuki masa lockout menyusul ketidaksepakatan antara pemain dan pemilik klub. Masa lockout berakhir pada akhir November dan musim baru NBA resmi bergulir pada 25 Desember lalu.

20 JULI:

Bintang basket asal Cina, Yao Ming, secara resmi mengumumkan pensiun karena dibelit cedera.

9 OKTOBER:

Pembalap Red Bull Racing asal Jerman, Sebastian Vettel, meraih gelar juara dunia 2011 setelah finis urutan ketiga pada seri balapan Jepang.


16 OKTOBER:

Pembalap Repsol Honda, Casey Stoner, memastikan diri juara dunia MotoGP setelah menjadi yang terdepan pada balapan di depan publiknya sendiri, Sirkuit Phillip Island, Australia.

23 OKTOBER:

Dunia balap ber duka. Pembalap asal Italia, Marco Simoncelli, meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan pada balapan MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia. Kecelakaan juga melibatkan pembalap Collin Edwards dan Valentino Rossi.

22 NOVEMBER:

Indonesia resmi menjadi Juara Umum SEA Games XXVI tahun 2011 di Jakarta dan Palembang. Pasukan Merah Putih sukses mendulang 182 emas, 151 perak, dan 143 perunggu dengan total perolehan 476 medali.

27 NOVEMBER:

Petenis Swiss, Roger Federer, mempertahankan gelar juara ATP World Tour Finals setelah di final mengalahkan petenis Prancis, Jo-Wilfried Tsonga.

4 DESEMBER:

Rafael Nadal mengalahkan petenis Argentina Juan Mar tin del Potro, 1-6, 6-4, 6-1, dan 7-6 (7/0). Kemenangan Nadal mengantar Spanyol mereng kuh Piala Davis untuk kelima kalinya.


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More