Sunday, December 25, 2011

Inilah Pesawat Jet Tanpa Emisi

Dari seekor burung,lahirlah pesawat jet yang bisa terbang nonstop tanpa menghasilkan emisi gas buang. Itulah Lockheed Stratoliner, pesawat rancangan Lockheed Martin, perusahaan pesawat yang berpusat di Bethesda, Maryland, Amerika Serikat. Pesawat ini terinspirasi burung godwit. Inilah burung yang terbang tiap musim gugur dari Alaska menuju Selandia Baru menempuh jarak 11 ribu kilometer selama delapan dan tanpa henti.

Tak mengherankan bila bentuk pesawat ini identik dengan burung yang Sedang melayang di udara. Moncong pesawat didesain menyerupai paruh burung. Kelebihan utamanya adalah pada sayap pesawat yang benar-benar mengadopsi bentuk sayap godwit.

William Black, desainerLockheed Strat oliner asal Inggris, mengatakan, dengan ukuran lebih besar dibanding pesawat biasa, sayap pesawat ini mampu menghasilkan gaya angkat yang lebih besar. Cara ini cukup jitU untuk mengangkat pesawat ke angkasa tanpa banyak membuang energi. Pesawat jet ini dirancang dengan empat mesin cryogenic hydrogen turbofan yang mampu menyimpan dan mengolah hidrogen sebagai bahan bakar. Karena itu, pesawat ini diyakini ramah lingkungan tanpa menghasilkan polusi.

Sayangnya, tidak ada pernyataan resmi dari Lockheed Martin kapan pesawat ini akan diluncurkan.

Inilah Pesawat Jet Tanpa Emisi


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More