Monday, January 2, 2012

Inilah Asal Muasal Black Box

Black box pertama kali ditemukan oleh David Warren. Ia lahir di Groote Eylandt, kawasan terpencil di timur laut Australia, pada tahun 1925. Saat berusia 28 tahun, David terlibat dalam penyelidikan kecelakaan pesawat misterius. Di sini David bertugas memecahkan misteri kecelakaan pesawat DH106 Comet buatan De Havilland yang jatuh di India. Menurutnya, penyelidik kecelakaan akan lebih mudah memecahkan misteri kecelakaan pesawat jika saja ada perekam suara di kokpit.

Dari sinilah kemudian muncul ide untuk merancang dan membuat alat yang kemudian dikenal sebagai perekam suara kokpit (CVR). Tak berselang lama, Ia melengkapi temuannya dengan perekam data penerbangan (FDR). Kedua perangkat inilah yang kemudian dikenal sebagai black box.

Berkat jasanya yang besar dalam dunia penerbangan ia mendapat berbagai macam penghargaan, di antaranya Medali Hartnett dari Royal Society of the Arts (2000) dan Order of Australia dari Pemerintah Australia (2002). Selain itu, sepanjang kariernya ia pernah menjadi guru matematika dan kimia di Victoria, dosen kimia di Sidney, ilmuwan di Akademi Roket Woomera, peneliti di Laboratorium Riset Aeronotik, Penasihat Ilmiah bidang Energi di Parlemen Negara Bagian Victoria.

Saat ini, black box hasiltemuan David Warren telah terpasang pada pesawat terbang milik maskapai penerbangan komersial di seluruh dunia. Manfaatnya yang besar dalam mengungkap kecelakaan penerbangan, membuat banyak otoritas penerbangan mewajibkan alat ini ada pada pesawat terbang komersial.

Black Box

Black Box


Faktanya adalah : Black Box, Tahan sampai 1.100 Derajat Celsius


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More