Thursday, February 16, 2012

Aktivitas Vulkanik Meningkat, Kawah Galunggung Berubah Warna

Aktivitas vulkanik Meningkat, Kawah Galunggung Berubah Warna


Air di kawah Gunung Galunggung Tasikmalaya, Jawa Barat, berubah warna. Perubahan itu menandai meningkatnya aktivitas vulkanik gunung itu. Status Gunung Galunggung pun ditingkatkan dari normal menjadi waspada pada Senin 13/02/2012.

“Warna air danau awalnya berubah menjadi kuning. Hari ini (kemarin) berubah lagi menjadi kecokelatan,” ujar petugas pemantau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di pos pengamatan Gunung Galunggung, Heri Supratno.

Selain itu, tambah Heri, muncul gelembung (air dan material vulkanis). Sejak Selasa (14/2/2012), berbagai jenis hewan penghuni hutan di gunung tersebut mulai turun ke permukiman warga. Warga secara gotong royong berusaha mengusir segerombolan kera berjumlah belasan yang masuk perkampungan.

Pemerintah Kabupaten (Pem kab) Tasikmalaya dan polresta memasang garis polisi sepanjang 620 meter di sekitar kawasan lereng, yang berada di De sa Linggarjati, Kecamatan Su karatu, Kabupaten Tasikmalaya. Garis polisi ter utama dipasang di daerah yang menuju danau dan kawah gunung.

Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Abdul Holik meminta warga Kecamatan Sukaratu, Sukahening, Singaparna, dan Indihiang untuk tetap waspada.

Aktivitas vulkanik Meningkat, Kawah Galunggung Berubah Warna


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More