Thursday, February 16, 2012

Brookesia Micra, Bunglon Terkecil Di Dunia Dari Madagaskar

Spesies bunglon terkecil di dunia yang baru ditemukan di sebuah pulau di dekat Madagaskar begitu menggemaskan. Bunglon terkecil di dunia tersebut adalah Brookesia Micra, yang ditemukan oleh sekelompok ilmuwan dalam ekspedisi rimba utara Madagaskar sepanjang 2003-2007. Peneliti harus menembus kawasan hutan pada malam hari untuk menemukan kadal mungil ini. Maklum, binatang ini hanya bisa ditemukan berdiam diri pada malam hari.

Lokasi hidup binatang ini berada di ketinggian 10 sentimeter dari tanah. Karena itu, peneliti harus membungkuk untuk melihat kadal mini. Begitu terlihat, peneliti bisa mengangkat binatang ini dengan mudah layaknya memetik stroberi.

Ukuran kadal yang amat kecil menyulitkan peneliti menemukan perbedaan pada setiap spesies. Maka mereka harus memeriksa tubuh bunglon menggunakan kaca pembesar. Brookesia micra merupakan spesies terkecil. Bunglon ini memiliki panjang puncak hidung-anus sekitar 16 milimeter atau sedikit lebih besar ketimbang ujung pentol korek api. Adapun panjang rata-rata dari puncak hidung ke ujung ekor sekitar 30 milimeter.

Brookesia Micra, Bunglon Terkecil Di Dunia Dari Madagaskar


Peneliti memperkirakan binatang ini bisa mencapai ukuran sekarang sebagai kasus ekstrem pengecilan ukuran tubuh disebut miniaturisasi yang terjadi di habitatnya. Bunglon terkecil menarik dipelajari, karena peneliti ingin mengetahui sampai batas mana organ tubuh bisa mengecil dan masih menunjang kehidupan hewan bertulang belakang. Hingga saat ini, peneliti belum mengetahui batas miniaturisasi binatang. Karena itu, masih terbuka kesempatan menemukan spesies bunglon yang lebih kecil dibanding Brookesia Micra.


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More