Sunday, May 13, 2012

Kaligrafi Pelepah Pisang Karya SMKN 2 Semarang Pecahkan Rekor Muri

Kaligrafi Pelepah Pisang Karya SMKN 2 Semarang Pecahkan Rekor Muriid=Tepuk tangan ratusan siswa SMKN 2 Semarang memecah siang yang terik. Haru dan gembira menjadi satu, setelah Manajer Museum Rekor Indonesia (Muri)Sri Widayati menetapkan hasil karya para siswa sekolah berupa kaligrafi dari pelepah pisang. Kaligrafi dengan panjang 720 meter itu berhasil memecahkan rekor ke-5.424 Muri.

Kerja keras untuk membuat kaligrafi dari pelepah pisang bertuliskan ayat suci Alquran surat Al Baqarah ayat 1-286 tersebut, dibuat oleh 700 siswa kelas X dan XI. Para siswa ini dari berbagai jurusan, yaitu Rekayasan Perangkat Lunak, Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Pemasaran, dan Usaha Perjalanan Wisa-ta. Kaligrafi yang dikerjakan dua bulan usai jam pela-jaran sekolah tersebut akhirnya tidak sia-sia.

Keceriaan tak hanya terlihat dari para siswa. Guru pembimbing dan Kepala SMKN 2 Semarang Drs H Supriyanto pun berkali-kali mengangkat piagam dari Muri dan mengajak para siswa ataupun alumni untuk berfoto bersama.

Surat Al Baqarah yang dipilih dalam penulisan kaligrafi tersebut, menurut guru pembimbing sekaligus pengampu mata pelajaran Kewirausahaan, Ganjar Triadi Budi Kusuma SPd, karena pelestarian alam dan lingkungan hidup tak terlepas dari peran manusia sebagai khalifah di muka bumi, sebagaimana yang disebut dalam surat itu.

Agar tulisan tidak keliru, pihaknya juga menggandeng Kementerian Agama Kota Semarang untuk mengecek setiap tulisan per ayat.


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More