Thursday, June 7, 2012

Kisah Babon Afrika Yang Diberi Pangkat Kopral

Kisah Babon Afrika Yang Diberi Pangkat Kopral

Primata dikenal sebagai salah satu jenis hewan yang sangat pintar, Bahkan kecerdasan
primata ini hampir menyamai manusia, karena memang pada dasarnya jenis mamalia ini masih kerabat jauh manusia. Salah satu jenis primata cerdas itu, yakni babon. Tahukah Anda, bahkan ada babon yang karena kecerdasannya dianugerahi pangkat kopral dalam dinas kemiliteran.

Ia adalah seekor Baboon chacma asal Afrika, yang oleh pemiliknya Albert Marr diberi nama Jackie. Sebelum Perang Dunia I, ditemukan di lahan pertaniannya di Villeria, Pretoria Afrika Selatan. Tertarik akan kecerdasannya, dia memeliharanya. Keduanya menjadi begitu akrab dan tak terpisahkan. Bahkan saat Albert bergabung dengan Third South African Infantry Regiment, Jackie dibawa untuk berperang.

Karena kecerdasannya, di sana Jackie menjadi idola teman-teman Albert. Ia pun diangkat menjadi maskot resimen. Sebagai maskot, ia memiliki pangkat prajurit dan berhak memakai seragam dan mendapat jatah makanan.

Pada April 1918, resimen mereka dikirim ke wilayah Passchendale di Belgia. Di sana keduanya mendapatkan luka serius, terutama Jackie. Ia pulih walau kehilangan kaki kanannya. Sesaat sebelum gencatan senjata, Jackie dipromosikan menjadi kopral dan mendapatkan penghargaan medali untuk keberaniannya. Jackie mati di tahun 1921 dan dikuburkan oleh tangan tuannya sendiri.


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More