Saturday, June 2, 2012

KLASTIC - Kaskus Plastic and Toy Camera Community

KLASTIC - Kaskus Plastic and Toy Camera Community
Kamera digital menawarkan segudang kemudahan, kepraktisan, hasil tokcer , dan eksplorasi kreativitas tak terbatas. Teknologi yang semakin maju membuat siapa saja bisa merekam gambar hanya dengan menekan tombol shutter dan klik dengan hasil yang bisa langsung dilihat.

Kalau tidak sempurna, tinggal hapus dan ulangi lagi prosesnya dari awal. Akan tetapi, kesempurnaan teknologi kamera digital tidak selalu berbanding lurus dengan keinginan sebagian orang yang justru mencintai keterbatasan toy camera (toycam) atau kamera mainan yang sedang naik daun digandrungi.

Toycam sebenarnya bukan mainan sesungguhnya. Walau materialnya terbuat dari plastik, kamera jenis ini tetap bisa menghasilkan gambar paten. Harga di pasaran berkisar sejuta ke atas dengan merek yang beragam, seperti Holga atau Diana, dua ikon yang sangat populer.

Berbeda dengan kamera di-gital yang menggunakan kartu memori, kamera plastik menggunakan media penyimpanan rol film. Untuk melihat hasilnya, kita harus melalui proses cuci cetak (scan) terlebih dahulu. Ukuran filmnya ada 35mm, 120 mm dan 135 mm.

Berbicara tentang Toycam, tentu tak lepas dari Komunitas Kaskus Plastic and Toy Camera Community (KLASTIC).

Lalu apa yang menarik minat mereka menekuni hobi ini?

KLASTIC dibentuk pada 7 Desember 2008 melalui sebuah forum internet terbesar di Indonesia, kaskus. Didirikan pecinta dan pengguna kamera plastik dan toycam, KLASTIC menjadi wadah bertukar informasi, pengeta-huan, tips dan trik, berbagi galeri foto, hingga jual beli kamera dan film

Kegiatan rutin KLASTIC lebih sering dilakukan lewat forum internet, namun juga memiliki agenda berkala bagi anggotanya seperti gathering, hunting foto, dan lainnya. Furqon Ahmadi, anggota KLASTIC asal Medan, mengatakan alasan menekuni hobi ini karena bentuk kamera dan gambar yang dihasilkan unik.

KLASTIC lahir dari forum internet terbesar di Indonesia. Selain bermain, kita juga bisa be-lajar memotret dan jadi lebih kreatif dalam menjepret kamera. Kita pun bisa nambah teman yang berhobi sama serta bisa sharing dan berbagi ilmu,” ujar Furqan, anggota KLASTIC sejak Januari 2010 ini.

Selain itu, dirinya juga berharap agar komunitas ini menjadi lebih besar lagi dan tidak hanya ada di kota-kota besar seperti Medan, Bandung dan Jakarta. Tapi juga di kota-kota kecil serta karya yang dihasilkan juga lebih keren.

Sebagai forum yang baru ber-kembang, klastic memiliki jumlah anggota lebih dari 200 orang yang tersebar di Indonesia dan aktif di kaskus dan grup klastic di Facebook.

Untuk berpartisi-pasi di klastic bisa bergabung di : http://kask.us/11872927
Tidak ada syarat khusus untuk bergabung, yang paling penting memiliki ketertarikan pada fotografi, terutama kamera plastik atau toycam.

Sebuah milis di Kaskus Plastic & Toy Camera Com-munity didedikasikan khusus untuk penggila kamera plastik ini sebagai tempat saling tukar informasi terbaru mengenai segala jenis kamera, acara hunting, jual beli peralatan, hingga tempat-tempat beli aksesoris dan lainnya. So, tertarikkah kamu?

*Arianda Tanjung


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More